Mengawali tahun ajaran baru, MTs Negeri 1Tegal menyelenggarakan kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau Matsama. Tujuannya adalah untuk menyambut sekaligus memperkenalkan peserta didik baru dengan lingkungan madrasah.

Dilaksanakan selama tiga hari berturut turut secara tatap muka sejak Selasa hingga Kamis (19 s.d. 21/07/2022) dan bertempat di Aula serta Indoor. Diikuti seluruh peserta didik baru tahun pelajaran 2022/2023 dengan durasi waktu pukul 07.30 hingga 12.00.

Diisi dengan beberapa materi yang disesuaikan dengan petunjuk teknis Matsama, diantaranya: Sejarah Madrasah, Tata Tertib Madrasah, Struktur, Tenaga Pendidik dan Kependidikan serta lingkungan, Doa awal dan akhir pembelajaran, Kegiatan dan Organisasi kesiswaan, serta Prestasi Alumni.

Hari Ketiga diisi dengan materi Kesetaraan, Anti Diskriminasi, dan Pendidikan Anti Korupsi, Peran dan Fungsi serta Etika bermedia Sosial, Pengenalan Program Riset. Semua materi bisa didapatkan di Majalah Masaba yang terlebih dahulu sudah diberikan kepada peserta didik dan pengisi materi.

Setiap hari, sesi diawali dan diakhiri dengan apel dan dipandu oleh guru-guru serta didampingi oleh pengurus OSIM pada setiap kegiatannya. Materi disampaikan oleh guru-guru berkompeten dibidangnya dengan jadwal yang telah ditentukan.

Disampaikan oleh Moh. Masduqi, selaku waka kesiswaan, bahwa tahun 2022 merupakan pertama kalinya Matsama dilaksanakan secara tatap muka setelah pandemi berlangsung. Oleh karena itu, penyelenggaraanya diupayakan maksimal disajikan dalam kemasan yang menarik bagi peserta didik baru.

Hingga acara usai, penyelenggaraan kegiatan berjalan sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan. Harapannya, kegiatan Matsama ini dapat menjadi bagian awal yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran di MTs Negeri 1 Tegal tahun pelajaran 2022/2023 dan mendatang.