Pandemi Covid-19 yang saat ini mewabah telah merubah pola dan rutinitas di berbagai bidang kehidupan. Termasuk di dalamnya adalah pendidikan yang pembelajarannya dilaksanakan secara daring bagi wilayah di zona kuning, orange, dan merah.

Kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat peserta didik untuk mengikuti kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau Matsama dalam mengikuti rangkaiannya meski secara virtual. Melalui berbagai platform, seperti Whatsapp, Youtube, Website Resmi, MTs Negeri 1 Tegal untuk pertama kalinya melaksanakan Matsama Virtual.

Diawali dengan prosesi pemutaran video dan musik iringan lagu Indonesia Raya yang disiarkan langsung, kemudian pembukaan Matsama oleh Kepala MTsN 1 Tegal, dilanjutkan dengan penyampaian materi Sejarah dan Profil Madrasah, Materi Kesiswaan (Tata Tertib), Materi Akademik dan Sistem Pembelajaran.

Hari kedua pelaksanaan Matsama Virtual disajikan materi Sarana dan Prasarana, Pengenalan Guru dan Karyawan, Pengenalan Lingkungan Madrasah, Materi Moderasi (Kesetaraan dan Anti Diskriminasi) serta interaksi Peserta Didik.

Adapun pelaksanaan Matsama Virtual di hari terakhir diisi dengan materi keagamaan berupa Doa Awal dan akhir Pembelajaran, Pengenalan Ekstrakurikuler dan penayangan foto kegiatan, Testimoni Alumni Berprestasi serta ditutup dengan pidato Kepala Madrasah.

Kegiatan Matsama Virtual yang dilaksanakan sejak senin (13/07/2020) ini berlangsung selama tiga hari dengan narasumber dari kalangan sendiri yang berkompeten dibidangnya. Pada setiap akhir sesi sejak hari pertama hingga terakhir, dilaksanakan kegiatan evaluasi bagi Peserta Matsama secara online dengan dipandu oleh wali kelas masing-masing.

Saat menutup acara, Mukhlasin, selaku Kapala Madrasah mengucapkan banyak terima kasih kepada peserta Matsama yang telah mengikuti rangkaian kegiatan dengan baik sekaligus permohonan maaf karena belum bisa menyelenggarakan kegiatan secara luring atau tatap muka. Harapannya, Matsama dapat menjadi bekal bagi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dan mentaati peraturan serta patuh pada guru hingga menjadi insan yang berguna bagi agama, bangsa, dan negara.

Ditambahkan pula oleh Masduqi, selaku Ketua Panitia, bahwa Matsama Virtual yang diselenggarakan oleh MTs Negeri 1 Tegal menyesuaikan panduan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada tim panitia dan wali kelas yang sudah bekerja sama menyelenggarakan serta menyukseskan Matsama Virtual MTsN 1 Tegal. (SK)