Berupaya memberikan suasana pembelajaran dengan visualisasi yang menarik dan menyenangkan, MTs Negeri 1 Tegal menyelenggarakan Pendidikan Karakter Keagamaan berupa Kegiatan Praktik Ibadah Haji pada Kamis (19/01/2023).

Kegiatan manasik yang dilaksanakan di Manifakture Fatimah Zahra Semarang diikuti oleh 380 siswa dan siswi kelas IX bersama 25 guru serta karyawan sebagai pendamping bertujuan untuk memahami tata cara ibadah Haji dan Umroh sesuai ilmu Fikih.

Sebelumnya, pengetahuan mengenai prosedur haji diberikan saat di kelas pmelalui mata pelajaran Fikih. Guna mendukung pemahamannya, maka pelaksanaan manasik digelar agar siswa dapat langsung mempraktekkan ilmunya melalui simulasi.

Ratusan peserta manasik dari MTs Negeri 1 Tegal ini tampak antusias mengikuti seluruh tahapan pelaksanaan simulasi haji. Mulai dari hotel, kemudian wukuf di Arafah, berjalan menuju Musdalifah, bermalam di Mina, melempar jumrah aqabah, kembali ke pemondokan di Mina, melempar jamarat ula, wusta, dan aqabah pada tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijah, hingga kembali ke hotel tempat menginap, dan terakhir melakukan tawaf serta sai.

Harapannya, melalui manasik ini peserta didik dapat lebih memahami dan menghayati tahap serta rukun dalam melaksanakan ibadah Haji. Sehingga, ketika kelak menunaikan ibadah haji, pengalaman manasik ini bisa menjadi bagian dari nilai-nilai positif dan kekhusyuan mereka saat beribadah. (SK)