Tegal mtsn1tegal.sch.id – Jawa Tengah.Empat guru Penjasorkes MTs Negeri 1 Tegal mengikuti Pelatihan Jr-NBA Coach Academy – On Ground MORA Jateng di GOR Sritex Solo, Jawa Tengah, pada Kamis pagi (15/9).

Mereka adalah Ponco Hadi Pratikto, Akhmad Fariz Khaedar, Ryan Riezky Dhimas, dan Anggita Rismadini yang sebelumnya dinyatakan telah memenuhi persyaratan dan mendapat rekomendasi dari Ketua Kelompok Kerja Madrasah (KKM) serta telah terdaftar di bagian Seksi Pendidikan Madrasah.

Bersama dengan 2.000 guru mata pelajaran penjasorkes lain di bawah naungan Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, mereka mengikuti kegiatan mulai pukul 7.30 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

Kegiatan Penataran Jr-NBA ini diselenggarakan sebagai wujud tindak lanjut Surat Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah dan Surat Agency Perwakilan NBA untuk Indonesia.

Pelatihan Jr.NBA hari ini, terbagi dalam 2 sesi di pagi dan siang hari. Pada sesi pertama, diawali dengan pengantar tentang Jr.NBA, dilanjutkan Pengenalan Struktur Kurikulum Jr.NBA, Warming-Up, Tecnical Footwork, Ball Handling, Shoot Ball on Terget, Marketing Activity, dan ditutup Lunch Break.

Sesi berikutnya, diisi dengan praktik-praktik ice breaking dalam pembelajaran permainan bola basket, dan game interaktif. Materi ini nantinya diharapkan dapat diterapkan pada saat pembelajaran di madrasah.

Disampaikan oleh Ponco, selaku peserta pelatihan, bahwa dirinya merasa senang dapat bergabung bersama guru-guru Penjasorkes madrasah se-Jawa Tengah dan mendapat ilmu langsung dari Coach luar negeri yang sudah belasan tahun aktif di NBA..

“Kami bersyukur mendapat kesempatan, pengalaman, dan pengetahuan yang luar biasa. Kami juga merasa fresh kembali karena diingatkan dengan 4 filosofi dasar pada saat memberikan pembelajaran, yaitu STAR. Dimana S (Sikap sportif), T (Tim Work), A (Attitude), dan R (Respect) harus selalu diinternalisasi ke dalam setiap jiwa peserta didik”, ujarnya.

Semoga ilmu yang sudah didapat bisa diterapkan untuk menjadikan peserta didik menjadi individu yang utuh dan mandiri serta meningkatkan prestasi MTs Negeri 1 Tegal.