MTs Negeri 1 Tegal melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara resmi pada Rabu dan Kamis (21-22/09/2022). ANBK sendiri merupakan upaya penilaian terhadap mutu setiap madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Asesmen Nasional sendiri tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi murid sebagai seorang individu. Evaluasi hasil belajar setiap individu murid menjadi kewenangan pendidik.

Pada dasarnya dalam proses pembelajaran, apabila berjalan dengan baik, tentunya hasil belajar murid juga akan maksimal.

Dijelaskan oleh Afrohah, selaku Waka Kurikulum, meski bukan penentu kelulusan, namun tujuan dari pelaksanaan ANBK adalah meningkatkan kualitas belajar mengajar. Adanya ANBK, dapat digunakan untuk mengetahui kualitas belajar-mengajar yang mungkin masih perlu diperbaiki atau ditingkatkan lagi.

Ditambahkan pula olehnya, bahwa dalam rangkaian kegiatan ini peserta peserta didik dalam ANBK telah mengerjakan soal-soal literasi membaca dan umerasi serta Survei Karakter.

Sebelumnya telah dilakukan simulasi bagi peserta ANBK pada Rabu dan Kamis (14-15/09/2022) sebagai uji coba untuk mengetahui kesiapan pelaksanaannya. Selain itu, Survei Lingkungan Belajar juga dilakukan terhadap guru sebagai pendidik pada Jum’at dan Kamis (11-12/08/2022).

Bertempat di tiga ruangan laboratorium komputer, pelaksanaan ANBK diikuti oleh 50 peserta didik yang dibagi dalam tiga sesi kegiatan dengan pengawasan silang dari sekolah maupun madrasah lain.

Ditambahkan oleh Nurokhman, selaku Proktor, bahwa ANBK dilaksanakan secara online menggunakan komputer atau laptop serta membutuhkan perangkat dan jaringan internet, maka pelaksananaanya dilaksanakan di Laboratorium Komputer. Hal ini bertujuan untuk mempermudah petugas dalam menangani aspek teknis aplikasi maupun mengelola sarana komputer dan jaringan.

Alhamdulillah… Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut dapat berjalan tertib dan lancar.